4 Cara Mengecek Kartu KIS Aktif Atau Tidak

Posted on

Kartu Indonesia Sehat (KIS) pada mulanya yaitu kartu substitusi identitas warga masyarakat yang membatasi kartu JAMKESMAS atau JAMKESDA. KIS juga mulanya yaitu kartu identitas untuk peserta BPJS Dipungut Penerima Bantuan Iuran atau PBI yang iuran bulanannya dibayar oleh Pemerintah. Atau Kartu Indonesia Sehat sendiri yaitu kartu yang mempunyai fungsi untuk memberikan jaminan kesehatan terhadap masyarakat untuk menerima pelayanan kesehatan secara cuma-cuma, penggunanya sendiri bisa menerapkan fungsi KIS ini di tiap-tiap fasilitas kesehatan tingkat pertama dan tingkat lanjut.

Semenjak tahun 2018 Kartu KIS bukan cuma sebagai peserta BPJS PBI saja, melainkan juga diterapkan sebagai Kartu Identitas yang diterapkan oleh segala peserta BPJS bagus PBI ataupun Non PBI, yang sebelumnya membatasi BPJS Kesehatan. Pemegang Kartu KIS untuk peserta BPJS PBI yaitu warga masyarakat yang digolongankan warga miskin atau kurang cakap, mereka secara otomatis akan menjadi peserta BPJS PBI sekiranya telah terdata di Dinas Sosial. Kartu Indonesia Sehat akan didistribusikan seketika ke tiap-tiap desa atau kelurahan. Kepesertaan PBI akan senantiasa diperbaharui pantas dengan hasil rekonsiliasi yang dilaksanakan oleh Kementerian Sosial tiap-tiap 6 bulan sekali.

Untuk warga masyarakat yang mulanya membatasi Kartu KIS yang telah digolongankan sebagai warga cakap karenanya Kartu PBI akan dimatikan dan peserta wajib daftar menjadi Peserta BPJS Mandiri. Bagi warga yang kebetulan telah lama menjadi pemegang Kartu PBI Dipungut dari pemerintah karenanya sebaiknya warga senantiasa mengerjakan pengecekan aktif tidaknya kartu KIS warga sebelum diterapkan kembali, sebab dapat saja Kartu warga telah dimatikan tanpa sepengetahuan, sebab warga telah digolongankan sebagai warga cakap. Sekiranya kartu telah non aktif, artinya warga wajib mengerjakan perubahan kepesertaan menjadi Peserta BPJS Mandiri atau Peserta BPJS Kesehatan Perusahaan.

Bagaimana sistem cek Kartu Indonesia Sehat, Aktif atau Tak?
CARA Sistem cek Kartu Indonesia Sehat atau KIS, Peserta PBI Aktif atau Tak yaitu sebagai berikut:

  1. Melalui Via SMS Gateway
    Sistem mengecek status Kepesertaan Kartu Indonesia Sehat atau KIS:
    KETIK NOKANOMOR KARTU INDONESIA SEHAT WARGA DAN KIRIM KE NOMOR 087775500400 atau dapat juga dengan alternatif KETIK NIKNOMOR INDUK KEPENDUDUKAN ATAU NOMOR KTP DAN KIRIM KE NOMOR 087775500400
    SMS Gateway diatas dapat anda figur meski adakalanya tak dapat berjalan mungkin sebab terlalu padat. Sekiranya SMS Gateway tak berjalan warga dapat menerapkan opsi lain.
  2. Melalui Via Aplikasi Android Mobile JKN
    Silahkan buka Playstore dan unduh aplikasi Mobile JKN kemudian pasang di HP Android anda, lalu silahkan LOGIN di aplikasi Mobile JKN kecuali warga dapat menerima info aktif tidaknya kartu KIS warga, Warga juga dapat mengerjakan perubahan Faskes Tingkat 1 dan memperhatikan info lainnya berhubungan data kepesertaan.
  3. Melalui Care Center BPJS di Nomor 1500400
    Caranya seketika saja lakukan panggilan, kemudian utarakan tentang maksud anda, umpamanya berharap mengenal status kepesertaan aktif tidaknya Kartu Indonesia Sehat warga dengan Nomor sekian..sekian atas nama siwulan dan Pihak BPJS akan memberikan info yang warga meminta. Care Center BPJS bukan cuma dapat diterapkan untuk mengecek status kepesertaan aktif tidaknya kartu warga, melainkan juga dapat diterapkan menerima info lainnya yang berhubungan dengan Kepesertaan Kartu Indonesia Sehat, seperti keluhan berharap menerima info tertentu dan lain sebagainya.
  4. Datang ke Kantor BPJS Kesehatan
    Ini yaitu sistem terakhir yang dapat warga pakai ialah mendatangi Kantor BPJS Kesehatan lalu tanyakan terhadap Petugas BPJS mengenai status aktif tidaknya Kartu Indonesia Sehat milik warga.

Demikian tulisan ini, semoga bermanfaat bagi kita semua….Trimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *