CARA CEK AKTIF TIDAKNYA KARTU BPJS Dan JKN – KIS MELALUI NOMOR KONTAK

Posted on

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial-Kesehatan atau yang biasa disebut BPJS Kesehatan merupakan badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan progam jaminan sosial  (Kesehatan) sebagai salah satu bentuk perlindungan sosial untuk menjamin seluruh rakyat agar dapat memenuhi kebutuhan hidupnya yang layak. BPJS Kesehatan mulai beropperasi pada tanggal 10 Januari 2014. Ada 2 kelompok peserta BPJS yaitu Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan dan bukan Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan termasuk orang asing yang menetap dan bekerja paling singkat enam bulan di Indonesia yang telah membayar iuran. Iuran diwajibkan bagi seluruh peserta BPJS Kesehatan baik kategori Kelas 1, Kelas 2 maupun Kelas 3 terkecuali kelompok penerima PBI atau Peserta Jaminan Kesehatan bagi fakir miskin dan orang tidak mampu yang jumlah iuranya dibayarkan oleh pemerintah. Menurut Perpres Nomor 64 Tahun 2020 besaran iuran BPJS Kesehatan pada bulan Juli-Desember adalah:

  • BPJS Kelas I sebesar Rp 150.000
  • BPJS Kelas II sebesar Rp 100.000
  • BPJS Kelas III sebesar Rp 25.500

Sebenarnya peserta BPJS Kesehatan Kelas III seharusnya membayar sebesar Rp. 42.000. akan tetapi, sebesar Rp. 16.500 telah dibayarkan pemerintah. Sementara itu, besaran iuran BPJS pada tahun 2021 sebagai berikut:

  • BPJS Kelas I sebesar Rp 150.000
  • BPJS Kelas II sebesar Rp 100.000
  • BPJS Kelas III sebesar Rp 35.000

Kenaikan iuran mulai 1 Januari 2021 oleh peserta BPJS Kelas III yang dibayarkan tetap mengacu pada Perpres Nomor 64 Tahun 2020, dimana pemerintah kini hanya memberikan subsidi sebesar Rp. 7.000. Tahun 2019 diharapkan seluruh penduduk Indonesia telah menjadi peserta BPJS Kesehatan yang dilakukan secara bertahap. Lalu bagaimana jika tahun ini belum menjadi peserta BPJS Kesehatan?

Tidak perlu khawatir karena pendaftaran kini bisa dilakukan melalui online maupun via sambungan telepon. Bagi yang ingin mendaftarkan via telepon bisa menghubungi call center BPJS di Nomor 1500400. Lewat sambungan telepon petugas akan meminta berbagai data diri anda. Sebaiknya persiapkan dokumen yang dibutuhkan, seperti:

  1. Nomor Kartu Keluarga
  2. NIK
  3. Nomor Handphone
  4. Nomor Rekening Tabungan (BRI, BNI, Mandiri)
  5. Alamat Domisili (untuk pengiriman kartu)
  6. Alamat e-mail, dan
  7. Pilihan Faskes

Setelah mendaftarkan diri anda akan diberikan Nomor virtual account yang dikirimkan lewat email atau telepon yang telah anda sebutkan sebelumnya. Nomor VA ini bisa anda gunakan untuk membayar iurandi bank maksimal 30 hari setelah nomor diterima. Setelah itu anda akan resmi menjadi peseta JKN-KIS atau BPJS. Kemudian jika kartu sudah jadi akan dikirimkan sesuai alamat anda.  Fasilitas pelayanan ini dapat memudahkan anda terutama bagi anda yang tinggal jauh dari pusat kantor BPJS Kesehatan. Disamping cepat cara ini juga dapat menghemat waktu dan biaya yang akan anda keluarkan jika pergi ke kantor BPJS Kesehatan dikota anda.

Adanya call center ini dapat memudahkan masyarakat dalam mendaftarkan diri sehingga prosesnya tidak memakan waktu lama dan lebih efisien. Selain melakukan pendaftaran diri melalui call center anda juga dapat menikmati fasilitas lainya seperti:

  1. Melakukan perubahan data diri

Sama halnya dengan mendaftar sebagai peserta baru, kini anda dapat merubah data diri melalui call center BPJS. Anda bisa melakukanya lewat sambungan telepon dan menyampaikan perubahan yang anda inginkan.

Data diri yang dapat dirubah meliputi identitas, faskes maupun kelas rawat dengan cepat dan mudah. Namun ada beberapa hal penting yang perlu anda ingat jika melakukan perubahan data yaitu pertama jika anda ingin pindah faskes, anda harus terdaftar lebih dari 3 bulan di faskes sebelumnya. Kedua perubahan kelas rawat hanya diperbolehkan untuk peserta mandiri atau PBPU dengan ketentuan telah menjadi anggota Aktif BPJS Kesehatan paling sedikit selama 1 tahun di kelas rawat tersebut. Ketiga bila terjadi perubahan susunan keluarga maka peserta wajib menyampaikan perubahan daftar susunan keluarganya kepada BPJS Kesehatan paling lambat 14 (empat belas) hari kerja sejak terjadi perubahan data kepesertaan.

sementara untuk Penerima Bantuan Iuran (PBI) perubahan status kepesertaan dari peserta PBI menjadi bukan peserta PBI atau peserta mandiri dapat dilakukan dengan mendaftarkan diri ulang melalui sambungan telepon maupun Kantor BPJS di Kota Anda.

  • Konsultasi kesehatan diri

Di masa pandemi seperti sekarang ini, dimana masyarakat dibatasi untuk berinteraksi. BPJS Kesehatan memberikan solusi tepat dengan konsultasi kesehatan gratis. Fasilitas ini bertujuan untuk memudahkan peserta ketika memiliki keluhan kesehatan tanpa harus datang langsung ke fasilitas kesehatan (faskes) tempatnya terdaftar. Selain dapat melakukan konsultasi kesehatan melalui mobile JKN BPJS, kali ini BPJS Kesehatan memberikan fasilitas bagi pesertanya untuk dapat berkonsultasi dengan dokter melalui sambungan telepon dengan menyampaikan keluhan yang dialami.

Konsultasi tanya dokter bisa anda lakukan sebagai anggota aktif BPJS Kesehatan mulai dari Hari Senin sampai Jumat, mulai pukul 7 pagi WIB sampai dengan pukul 8 malam WIB. Fasilitas ini dapat dilakukan secara cepat tanpa kendala sebagai pencegahan sehingga anda tidak perlu berkunjung ke faskes tingkat pertama  jika mengalami gejala.

  • Sebagai layanan informasi atau pengaduan peserta

BPJS Kesehatan menyediakan layanan public yang telah menyediakan layanan pemberian informasi dan penanganan pengaduan bagi peserta yang aktif menjadi anggota BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan telah menyelenggarakan layanan pengaduan baik secara online melalui aplikasi mobile JKN BPJS, call center maupun loket pengaduan peserta di kantor BPJS Kesehatan. Kemudahan menyampaikan pengaduan maupun permintaan informasi dari anggota tanpa perlu datang langsung ke kantor dapat dilakukan melalui aplikasi mobile JKN BPJS atau bisa via panggilan telepon. Peserta juga dapat menyanyakan beberapa informasi terkait BPJS seperti status keanggotaan maupun tata cara pembayaran iuran. Melakukan pengaduan melalui aplikasi yaitu dengan cara mengunduh mobile JKN BPJS di playstore, pilih menu Pengaduan Keluhan, kemudian pilih Pengaduan Tertulis, disini peserta dapat memilih kategori pengaduan keluhan atau permintaan informasi dan yang terakhir tuliskan keluhan anda lalu pilih menu laporkan.

Bagi peserta yang tidak mempunyai smartphone, anda juga dapat menyampaikan pengaduan atau permintaan informasi melalui sambungan telepon dengan nomor call center. Anda akan disambungkan dengan petugas kemudian sampaikan keluhan terkait.

Dengan adanya call center ini peserta akan dimudahkan dengan fasilitas yang tersedia. Bagi anda yang membutuhkan sesuatu yang sistematis, cepat dan dapat diandalkan cara ini cocok untuk anda. Anda tidak perlu lagi repot antre atau terkena macet hanya untuk mendapatkan informasi terkait BPJS Kesehatan selama 24 jam. Lewat sambungan telepon, semua kebutuhan Anda terkait BPJS Kesehatan bisa teratasi. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *