PENGERTIAN TEKS DRAMA SERTA Struktur, Unsur, dan Contoh Teks Drama

Posted on

Halo temen temen kali ini kita akan membahas dan belajar TEKS DRAMA dari Pengertian, Struktur, Unsur, dan Contoh Teks Drama lengkap semua kita bahas disini, mari kita belajar bersama.

Oke langsung saja kita ke pembahasan TEKS DRAMA untuk materi bahasa Indonesia yang akan kita bahas dan pelajari pelajari . Untuk itu Disini kita akan mulaibelajar dalam membahas segala suatu hal yang berkaitan tentang teks drama itu sendiri, diantaranya yaitu pengertian teks drama, struktur teks drama, unsur teks drama, dan contoh teks drama. Jadi Teks Drama ini sering kita jumpai di berbagai tempat dan acara, biasanya kita akan menemukan Drama pada suatu pagelaran pementasan drama dan seni.

APA Pengertian Teks Drama?
APA YANG DI MAGSUD TEKS DRAMA, Teks Drama yaitu suatu teks cerita untuk dipentaskanpada pagelaran di atas panggung yang disebut teater atau cerita tersebut tidak dipentaskan di atas panggung bisa di pentaskan di drama radio maupun telivisi dan film. Pengertian Drama dapat diartikan secara luas sebagai salah satu bentuk dari sastra yang isinya untuk menghibur, biasanya tentang hidup dan kehidupan yang dapat dipertunjukkan dalam bentuk gerakan.

Struktur-struktur Teks Drama
Ada 3 struktur yang membangun sebuah teks drama yaitu:

  1. Pembukaan Prolog (adegan pembukaan).
  2. Percakapan Dialog (percakapan).
  3. Penutup Epilog (adegan akhir atau penutup).

Unsur-Unsur Teks Drama

Berikut ada beberapa unsur unsur yang terdapat di teks drama ,yaitu sebagai berikut:

  1. Alur Drama, adalah rangkaian dari alur terjadinya drama.
  2. Amanat Drama, merupakan pesan nasihat yang terkandung ada didalam cerita drama.
  3. Tokoh Drama, adalah pelaku yang memerankan seorang tokoh yang ada dalam cerita. Sedangkan Penokohan merupakan yaitu penggambaran dari watak setiap tokoh pada drama. Ada tiga (3) macam tokoh-tokoh : (1) protagonis adalah tokoh yang meampilkan kebaikan dalam drama, (2) Antagonis yaitu tokoh jahat atau tokoh yang menentang kebaikan, (3) Tirtagonis adalah tokoh yang pendukung protagonis.
  4. Tema Drama, adalah ide dari pokok cerita atau (gagasan).
  5. Latar Drama, yaitu tempat dan waktu terjadinya peristiwa dalam drama itu sendiri.
  6. Aneka sarana kesastraan dan kedramaan yang dapat mendukung untuk penampilan dari pelaku dalam suatu drama, misalnya contoh tata panggung dan tata rias.

Contoh Teks Drama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *