Pengertian Teks Pidato dan Struktur Teks Pidato

Posted on
Pengertian Teks Pidato dan Struktur Teks Pidato

Halo teman-teman kali ini kita akan belajar materi pelajaran bahasa Indonesia kelas 7, 8 dan 9 yang akan kita pelajari hari ini adalah Pengertian Teks Pidato dan Struktur Teks Pidato. Adapun yang akan kita bahas yaitu tentang pengertian dari pidato, metode pidato, struktur pidato, dan juga contoh-contoh dari teks pidato. Pidato ini sering sekali dapat kita jumpai terutama ketika kita ada acara yang penting seperti acara perpisahan sekolah, acara pengenalan sekolah dan maupun acara kenegaraan. Baiklah Mari kita belajar tentang Teks pidato langsung saja kita simak bersama-sama.

Apa itu Pengertian Teks Pidato?

Pengertian dari Teks Pidato adalah bentuk dari komunikasi satu arah yang berupa pengungkapan dari gagasan dan pikiran pembicara yang berpidato tentang sesuatu hal kepada banyak orang atau depan orang banyak dan tidak mendapat langsung dari pendengar dan Orang yang melakukan suatu pidato dapat disebut sebagai orator.

Metode-metode yang Digunakan Dalam Berpidato

Dalam kita berpidato sering kali kita bingung untuk menyiapkan materi dalam berpidato atau kita tidak dapat menghafal teks pidato dan menjadi gerogi, untuk berpidato secara spontan kita di wajibkan harus mempunyai pengetahuan yang luas dan pengalaman dalam ber pidato cukup banyak. Jika kita pemu dan akan melakukan pidato makan di sarankan kamu menggunakan 4 metode dalam berpidato, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Menggunakan Metode langsung atau serta merta atau spontanitas, biasanya ini di gunakan jika kamu sudah banyak pengalaman atau sudah banyak pengalaman yang banyak dalam berpidato pidato ini dapat di gunakan berdasarkan kebutuhan berpidato sesaat dan tanpa persiapan yang cukup matang. Metode-metode spontanitas ini juga berdasarkan kemampuan dan kemahiran dari pembicara serta apa adanya yang dapat di sampaikan. Metode ini biasanya dapat dipakai dalam keadaan yang mendadak atau Spontan.
  2. Menggunakan Metode menghafal, Metode ini dilakukan dengan persiapan yang sangat matang karena materi berpidato yang akan disampaikan akan dihafal terlebih dahulu sebelum akhirnya hasil materi yang di hafal dan disampaikan kepada banyak khalayak orang-orang. Metode pidato ini biasanya dapat dilakukan ketika acara-acara berpidato sudah direncanakan dengan dengan sangat matang.
  3. Menggunakan Metode naskah,  metode ini dilakukan dengan membaca naskah pidato yang sudah dipersiapkan sebelumnya.
  4. Menggunakan Metode ekstemporan, metode ini dapat dilakukan dengan mengandalkan kemampuan dari pembicara dengan menyiapkan poin-poin pokok yang akan dapat dikembangkan saat berpidato.

Struktur – Struktur Teks Pidato?

Dalam berpidato kita harus mengetahui cara berpidato yang benar dan mengenali struktur teks pidato ,Struktur teks pidato itu terdiri dari 3 bagian, yaitu pembukaan pidato, isi dari pidato, dan yang terakhir penutup pidato. Dari ketiga struktur teks pidato tersebut adalah merupakan komponen-komponen penting yang harus ada dalam teks pidato. Jika salah satu struktur pidato tidak ada, maka teks pidato tidak akan menjadi teks pidato yang sempurna. Untuk itu lebih jelasnya lihat penjelasan dari struktur pidato di bawah ini.

1. Pembukaan Pidato

Pada Pembukaan teks pidato terdiri dari 3 bagian yang harus ada, yaitu diantaranya dengan memberi salam pembuka, atau ucapan penghormatan, dan juga ucapan rasa syukur.

a. Ucapan Salam pembuka Contohya yaitu : Asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Salam sejahtera bagi kita semua, Om Swastiastu, Namo Buddhaya, Salam Kebajikan. b. Ucapan Penghormatan ,Ucapan penghormatan dalam berpidato biasanya juga dilakukan dengan menyebutkan nama orang-orang yang dianggap lebih tinggi pangkat atau jabatannya terlebih dahulu,lalu kemudian pangkat / jabatan yang lebih rendah dan seterusnya ini dia Contohnya : Yang saya hormati bapak/Ibu Kepala Sekolah c. Ucapan Rasa Syukur Ucapan rasa syukur biasanya dibacakan karena rasa syukur dari (pembaca pidato) kepada Tuhan yang maha esa karena dirinya dan juga para tamu-tamu diberikan kesehatan dan kesempatan agar dapat berkumpul dan menghadiri acara pidato pada hari ini Contohnya : Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah Yang Maha Esa karena sampai pada Hari ini kita masih dapat diberi kesehatan dan kesempatan untuk dapat menghadiri di acara yang berbahagia ini. 

2. Isi Pidato

Dalam berpidato biasanya kita juga pasti akan menyampaikan hal-hal yang sangat penting atau biasanya di namakan Isi Pidato, Isi Pidato itu Sendiri Yaitu bagian penting karena dalam isi pidato ini banyak mengandung inti-inti dari sesuatu hal yang akan disampaikan dan dibicarakan saat berpidato. Pada bagian isi pidato ini sang Pembicara pidato akan menjelaskan secara rinci dan detail dan juga jelas mengenai apa yang disampaikannya kepada para hadirin dan pendegar. 

3. Penutup Pidato

Penutup pidato yaitu akhir atau sebuah kata-kata untuk mengakhiri dari sebuah pidato. Pidato yang baik dan benar biasanya berisi hal-hal berikut ini.

  1. Terdapat Kesimpulan secara ringkas dari materi yang dijelaskan.
  2. Adanya Permintaan maaf kepada para pendegar jika ada salah dalam berkata dan juga menyinggung.
  3. Salam Pembuka dan Salam penutup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *